Petualangan di Andes Mountains

Petualangan gunung Andes saya dimulai dengan sebuah kuburan.

Semua monumen di dekat tempat perlindungan pertama bukan untuk pendaki tanpa keterampilan. Kuburan ini merupakan bukti ketidakpastian tempat-tempat tinggi. Chimborazo sangat tinggi. Ini secara acak menjatuhkan batu besar atau potongan gletser pada anda, dan memiliki cuaca yang berubah setiap saat. Hiking ke tempat perlindungan kedua, kita bisa mendengar bebatuan dan pecahan es jatuh di suatu tempat di atas.

"El Refugio Edward Whymper" adalah pondok sederhana, tanpa pemanas, di ketinggian 16.000 kaki. Ini dinamai pemanjat Inggris yang pertama kali sampai di puncak gunung. Hal ini tidak sepenuhnya pemanas. Bila seseorang merasa seperti membawa kayu setinggi 5000 meter, perapian bisa menaikkan suhu 3 derajat.

Kami minum "mate de coca" teh yang terbuat dari daun koka, yang juga digunakan untuk membuat produk lain - yang diambil dari hidung. Hal itu sepertinya membantu. Kami pergi hiking untuk sementara waktu, yang merupakan jumlah total aklimatisasi saya. Paco memasak sesuatu, dan setelah makan, aku tidur setidaknya satu jam sebelum memulai pendakian pada pukul sebelas malam itu.

Gunung Chimborazo

Gunung Chimborazo ada di Ekuador, sekitar 100 mil sebelah selatan Khatulistiwa. Pada puncaknya, ini adalah titik terjauh dari pusat planet kita. Tonjolan bumi di khatulistiwa, membuat Gunung Chimborazo semakin jauh dari sana daripada Everest. Ini adalah titik terdekat dengan matahari di planet ini, namun tetap merupakan tempat terdingin di Ekuador.

Paco, pemandu saya, membangunkan saya jam sepuluh malam itu. Dia mengerutkan kening saat melihat kantong tidurku, yang dikemas lebih kecil dari bola, dan beratnya satu pon. Ransel 13 ons tanpa bingkai saya tampaknya juga tidak membuatnya terkesan. Bagaimanapun, meskipun di bawah titik beku di gubuk, seperti yang dia katakan, saya tetap bersikap hangat - seperti yang saya katakan.

Paco tidak berbicara sepatah kata pun dari bahasa Inggris, dan saya baru belajar bahasa Spanyol. Karena seluruh kelompok kami terdiri dari dia dan saya, kami memiliki beberapa masalah komunikasi. Saya pikir, misalnya, bahwa "malam" (beberapa jam) di gubuk termasuk dalam biaya $ 130. Dia mengira saya adalah pemanjat gunung.

Sebenarnya, saya pernah berlatih dengan crampon dan kapak es di atas bukit kereta luncur di dekat rumah saya. Aku naik empat puluh kaki sementara orang-orang berjalan dengan kereta luncur mereka, memperingatkan anak-anak mereka untuk menjauh dariku.

Kupikir Paco memberitahuku bahwa dia tidak menyukai rotan yang saya gunakan sebagai cangkang. Dia mengerutkan kening pada topeng ski buatan sendiri satu-ons. Ketika dia melihat rompi isolasi saya, sepotong batting poli berbulu dengan potongan lubang di dalamnya untuk kepala saya, saya hanya pura-pura tidak mengerti apa yang dia katakan.

Aku tidak berencana naik Chimborazo dengan perlengkapan ringan seperti itu, tapi aku datang ke Ekuador dengan penerbangan kurir, dan hanya bisa membawa barang bawaan. Saya hanya memiliki 12 pon dalam kemasannya, karena pada saat saya mengenakan semua pakaian saya malam itu, beban di punggung saya tidak relevan. Berat badan saya, bagaimanapun, tidak. Paco harus membujukku mendaki gunung itu.

Gletser Dekat Khatulistiwa

Gletser mulai di dekat gubuk. Hiking segera menjadi gunung. Aku mengalami kram untuk kedua kalinya dalam hidupku. Selama salah satu dari sekian banyak jeda ("Demasiado" - terlalu banyak, yang saya pura-pura tidak mengerti saat Paco menjelaskan dalam bahasa Spanyol), saya memperhatikan bahwa termometer yang saya bawa mencapai titik terendah pada 5 derajat fahrenheit. Saya tidak kedinginan, tapi kadang-kadang saya kelelahan - saat saya pindah. Ketika saya duduk diam, saya merasa bisa berlari mendaki gunung itu.

Kami berjuang (oke, saya berjuang) naik es, hiking, mendaki, melompati ceruk, sampai saya berhenti pada jarak 20.000 kaki. Saya juga berhenti di 19.000 kaki, dan di 18.000 kaki. Berhenti menjadi rutinitas saya. Berbohong telah menjadi milik Paco, jadi dia mengatakan kepada saya dengan wajah lurus bahwa puncaknya hanya lima puluh kaki lebih tinggi. Mungkin aku ingin mempercayainya, atau mungkin kekurangan oksigen telah menguasai otakku. Bagaimanapun, saya memulai es lagi.

Kami tersandung ke puncak saat fajar. Atau lebih tepatnya, aku tersandung. Paco, yang tampak agak rapuh di tempat perlindungan, berada di elemennya di ketinggian 20.600 kaki. Dirtbag Joe, anak laki-laki berusia sembilan belas tahun dari California dengan sepuluh dolar di sakunya, peralatan pinjaman, dan mie Ramen di perutnya, sedang menunggu sambil tersenyum.

Langit adalah warna biru yang menakjubkan yang tidak pernah Anda lihat di ketinggian yang lebih rendah. Cotapaxi, gunung berapi tertutup salju klasik di utara, terlihat jelas 70 atau 80 mil jauhnya. Bayangan Chimborazo jatuh melintasi empat puluh mil daratan ke barat. Aku belum pernah melihat yang seperti ini.

Jabat tangan di sekitar, dan tiba saatnya untuk turun dari gunung. Saya diberitahu bahwa Anda tidak ingin berada di Gunung Chimborazo saat dia bangun tidur. Dia bangun jam sembilan pagi.

Paco melihat arlojinya, dan menyuruhku buru-buru. Dia melangkah lebih jauh dan lebih jauh ke depan. Apakah dia akan meninggalkanku? Ketika saya menyusulnya di pondok pada pukul sembilan pagi, saya mendengar bebatuan mulai runtuh dari es di atas saat matahari menghangatkannya. Sekarang aku mengerti. Kami benar-benar perlu turun ke tempat perlindungan pukul sembilan. Seribu kaki lebih rendah sebuah foto yang untungnya tidak menunjukkan lutut gemetar saya mengakhiri petualangan pegunungan Andes.

0 Response to "Petualangan di Andes Mountains"